Tips Sukses di Bursa Kerja


Tips Sukses di bursa kerjaSeorang yang ingin bekerja di sebuah instansi perkantoran mungkin inilah kesempatan anda untuk bagaimana menggunakan job fair atau bursa kerja sebagai sarana untuk mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Saat job fair akan banyak perusahaan yang ikut serta, sehingga dengan hanya mendatangi tempat di mana diselenggarakannya pameran ini, Anda bisa langsung melamar ke banyak perusahaan. Dengan demikian, dapat menghemat waktu dan biaya daripada harus mendatangi atau mengirim surat lamaran kepada perusahaan satu per satu.

Berikut Tips yang diberikan tips logi kali ini:
Cari Informasi
Dengan mencari informasi mungkin anda akan mendapatkan job fair yang anda inginkan cobalah mencari lewat lewat iklan di koran, internet atau dengan mengikuti milis pencari kerja atau milis universitas. Informasi lain yang perlu untuk diketahui adalah informasi tentang perusahaan mana saja yang ikut serta. Informasi ini akan membantu Anda mencari tahu company profile, reputasi perusahaan dan menentukan apakah Anda tertarik untuk memasukkan lamaran pekerjaan.

 
BACA JUGA:  Tips Tampil Cantik Memakai Seluar Legging

Siapkan CV
Jika anda seorang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam sebuah kantoran, sebaiknya anda siapakan CV atau Curriculum Vitae yang berisikan data-data pribadi orang yang akan melamar. Buat CV secara padat dan jangan lebih dari 3 halaman. Periksa apakah penulisan nama, alamat dan no telepon/HP sudah diisi dengan benar. Setelah membuat CV, baca dan periksa kembali CV tersebut untuk mengetahui apakah ada kata-kata yang salah. Jangan lupa untuk menyimpan CV dalam bentuk softcopy dengan nama yang mudah dicari dan simpan dalam flash disk. Lakukan scanning antivirus untuk memastikan tidak ada virus yang dapat merusak data.

Pikirkan Jawaban dari Pertanyaan
Cobalah berfikir tentang pertanyaan yang akan di ajukan kepada anda dan bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang singkat, jelas dan berisi yang dapat membuat kagum pada orang yang bertanya kepada anda. Biasanya pertanyaan umum yang di tanyakan ialah mengapa tertarik dengan bidang pekerjaan yang dilamar, apa yang Anda ketahui tentang perusahaan, apa kekuatan dan kelemahan diri sendiri.

 
BACA JUGA:  Tips dan Trik Bisnis Kos-kosan

Bawa Perlengkapan Pendukung
Perlengkapan umum yang kami maksud disini adalah seputar pulpen, flash disk, dan laptop adalah beberapa peralatan yang penting yang harus dipersiapkan. Seperti pulpen yang penting untuk mengisi formulir, flash disk sebagai media penyimpanan softcopy CV, laptop untuk menyimpan data atau memperlihatkan contoh aplikasi yang sudah pernah dibuat.

Persiapkan Fisik dan Pikiran
Bagaimana cara mempersipakan fisik dan pikirna anda untuk menghadapi job fair unutk esok harinya? Anda cukup istirahat malam karena dengan istirahat dapat membuat tubh anda akan merasa enakan, mood tidak baik dan membuat penampilan Anda tidak fresh. Bahkan, jika dilakukan wawancara langsung, bisa-bisa Anda tidak nyambung saat diwawancara. Ini akan memperburuk nilai Anda.

 

Penampilan yang Baik
Penampilan adalah nilai yang paling utama dalam sebuah perusahaan. Penampilan yang baik memberikan penilaian terhadap citra diri seseorang. Walaupun terkadang perusahaan pencari tenaga kerja hanya meminta CV untuk ditindaklanjuti kemudian, tetapi ada juga yang langsung melaksanakan wawancara. Maka penampilan penting untuk memberi kesan rapi dan profesional. Ketika akan menghadiri Job Fair, kenakan pakaian dan penampilan yang rapi layaknya Anda akan wawancara kerja.

BACA JUGA:  Tips Menjadikan Pernikahan Menjadi Harmonis

Ramah dengan Peserta Lain
Dalam job fair tentunya semua peserta akan berusaha memberikan yang terbaik cobalah bersikap ramah kepada peserta lain karena walau sama-sama mencari pekerjaan, bukan berarti harus bermusuhan dengan peserta lain bukan? Bersikap ramah dan berusaha mencari teman seperjuangan akan membuat suasana lebih santai dan menyenangkan. Dengan adanya teman, Anda tidak akan merasa bosan saat harus mengantri atau dapat berbagi pengalaman yang berharga. Selain itu, siapa tahu teman baru Anda ini bisa menjadi koneksi untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan persiapan yang baik dan pikiran positif, kini Anda dapat mendatangi Job Fair dengan percaya diri. Semoga tips ini dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.