Cara Alami Dan Mudah Mengobati Gusi Bengkak


Cara Alami Dan Mudah Mengobati Gusi BengkakGusi bengkak merupakan salah satu gangguan pada rongga mulut yang pastinya akan sangat mengganggu Anda saat melakukan aktivitas setiap hari. Pada umumnya saat orang mengalami gusi bengkak mereka akan langsung ke dokter untuk meminta bantuannya. Namun Anda jangan khawatir karena tipsdancara akan berbagi informasi tentang bagaimana menyembuhkan gusi yang bengkak secara alami.

Rasa sakit saat gusi Anda bengkak akan sampai terasa hingga ke mata, pusing dan kadang membuat tubuh menjadi lemas. Selain itu juga rasa sakit itu akan membuat Anda tersiksa bahkan Anda susah untuk makan, kerjaan menjadi tidak fokus dan menimbulkan masalah-masalah lainnya.

 
BACA JUGA:  Cara Mencegah Kanker Usus

Berikut ini beberapa cara alami dan mudah mengobati gusi bengkak yang telah dilansir dari beberapa sumber:

Berkumur Air Garam Hangat

 

Berkumur air garam adalah salah satu cara alami yang efektif meredahkan rasa nyeri yang Anda rasakan selama beberapa saat. Air garam berfungsi sebagai antiseptik untuk melawan kuman. Caranya berkumurlah dengan air garam hangat sebanyak 2-3 kali, kemudian Anda bisa berkumur dengan air bersih.

Hidrogen Peroksida atau Baking Soda

 

Hidrogen peroksida atau baking soda bisa Anda gunakan sebagai obat kumur untuk meredahkan rasa sakit di gusi Anda. Caranya berkumurlah dengan obat kumur tersebut sebanyak 2-3 kali untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut Anda.

BACA JUGA:  4 Cara Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Minum Banyak Air

Konsumsi air dengan jumlah banyak dapat membuat mulut Anda memproduksi air liur lebih banyak sehingga bermanfaat membunuh kuman dan bakteri dalam mulut Anda. Selain itu juga minum air dalam jumlah banyak dapat menjaga kebersihan mulut Anda dari bakteri.

Menggunakan Sirih

Anda juga bisa menggunakan daun sirih sebagai obat alami untuk menghilangkan rasa nyeri pada gusi Anda. Caranya sediakan 15 gram daun sirih, akar sereh, 20 gram kunyit, garam dan air secukupnya. Setelah itu campurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu kemudian Anda rebus beberapa saat. Selanjutnya Anda mengambil airnya dengan dengan cara menyaringnya untuk dijadikan obat berkumur.

BACA JUGA:  Tips Cara Mengatasi Rematik Secara Alami Aman Tanpa Efek Samping

Minyak Cengkeh dan Lada Hitam

Minyak cengkeh dan lada hitam merupakan obat alami yang telah dikenal sejak dulu untuk mengobati infeksi gusi bengkak. Caranya usapkan campuran minyak cengkeh dan lada hitam di gusi Anda yang bengkak.

Sikat Gigi Teratur

Untuk menghindari Anda dari masalah gangguan mulut seperti gusi bengkak, sebaiknya Anda menyikat gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan mulut Anda.