Cara Efektif Membuat Tulang Lebih Kuat


Cara Efektif Membuat Tulang Lebih Kuat
Cara Efektif Membuat Tulang Lebih Kuat

LUTIMNEWS.COM – Menjaga tulang tetap kuat merupakan hal yang harus diperhatikan. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari resiko osteoporosis, dan pengeroposan pada tulang. Lalu, cara membuat tulang tetap kuat?

Pada umumnya tulang akan mengalami pertumbuhan saat usia remaja, namun akan mulai menurun saat seseorang memasuki usia 25 tahun. Tapi Anda jangan khawatir, meskipun begitu, masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat tulang.

 
BACA JUGA:  Tips Mengobati Penyakit Asam Urat

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, langsung saja Anda simak berikut ini

Makanan Berkalsium

 

Agar tulang lebih kuat, tentu Anda harus mengkonsumsi makanan dengan kalsium yang cukup tinggi. Misalnya Anda mengkonsumsi, yoghurt, keju, susu kedelai, kacang almond, dan lain sebaginya.

Olahraga atau Mendaki

 

Melakukan beberapa olahraga bisa menjaga tulang tetap kuat. Anda bisa berolahraga seperti jogging, angkat beban atau aerobik. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mencoba aktivitas mendaki.

BACA JUGA:  Tips Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Konsumsi Vitamin D

Penuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh Anda agar penyerapan kalsium pada tulang bisa dengan maksimal. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D. Anda bisa memperoleh vitamin D seperti ikan, jamur, atau suplemen.

Menjejakkan Kaki

Anda bisa mencoba menjejak-jejakkan kaki ke tanah, sama halnya anak kecil yang sedang marah. Cara ini cukup efektif untuk membuat tulang jadi lebih kuat. Selain itu, Anda juga bisa melakukan lompat tali agar kepadatan tulang terutama di bagian pinggul tetap terjaga.

BACA JUGA:  Tips Membuat Penis Anda Sehat

Lakukan Peregangan

Meskipun hal yang sepele, ternyata melakukan peregangan ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu, peregangan juga bisa membantu Anda mengatasi rasa sakit di punggung.