Ingus Kental Seperti Jelly


LUTIMNEWS.COM – Apakah Anda merasakan sesuatu yang lain dalam rongga hidung Anda? Jika ia besar kemungkinan Anda mengalami gangguan hidung yang dikenal dengan rinitis Vasomotor. Yaitu ingus terasa kental seperti halnya jelly. Rinitis Vasomotor merupakan keadaan yang belum diketahui pasti penyebabnya, yang didiagnosis tanpa adanya infeksi, alergi, perubahan hormonal, dan pajanan obat.

ingus-kental-seperti-jellyGejalanya sering dicetuskan oleh berbagai rangsangan yang tidak spesifik seperti asap/rokok, bau yang menyengat, parfum, minuman berakohol, makanan pedas, udara dingin, pemndingin dan penghangat ruangan, perubahan kelembapan, perubahan suhu luar, kelelahan, dan stress/emosi. pada keadaan normal faktor-faktor tadi tidak dorasakan sebagai gangguan oleh individu tersebut.

 
BACA:  Diagnosis dan Penatalaksanaan Pada Penyakit Hiperlipidemia

Kelainan ini mempunyai gejala menyerupai rintis Alergi, namun gejal ayang dominan adalah hidung tersumbat, bergantian kiri dan kanan, tergantung pada posisi penderita. Selain itu terdapat cairan/ingus yang kental maupun cair.

Gejala dapat memburuk pada pagi hari sewaktu bangun tidur oleh karena adanya perubahan suhu yang ekstrim, udara lembab, dan lain sebagainya. berdasarkan gejala yang menonjol kelainan ini dibagi dalam 3 golongan, yaitu; gejala bersin, gejala hidung meler, gejala hidung tersumbat.

 
BACA:  Pengobatan dan Prognosa Mitral Stenosis

Untuk mendiagnosis, perlu disingkirkan terlebih dahulu penyebab lain seperti infeksi, alergi, gangguan hormonal, dan akibat obat, kemudian dicari faktor yang mempengaruhi timbulnya gejala. Dibutuhkan juga pemeriksaan hidung dari depan, dimana akan tampak gambaran yang khas yaitu pembengkakan lapisan dalam rongga hidung.

Pada rongga hidung didapatkan cairan/ingus kental, biasanya sedikit. Akan tetapi pada gologan hidng meler yang ditemukan adalah cairan/ingus encer dalam jumlah yang banyak. Pemeriksaan laboratoriumjuga dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab alergi.

BACA:  Faktor Penyebab Anoksia

Terapinya bervariasi, tergantung pada faktor penyebabdan gejala yang menonjol. Secara garis besar dibagi dalam:

  • Menghindari faktor pencetus
  • Mengobati gejala dengan obat-obatan.
  • Operasi
  • Pembedahan saraf kecil dihidug, dilakukan bila cara lain belum mampu mengatasi gangguan.

Oleh karena itu, Kami sarankan Anda ke dokter spesialis THT agar dapat langsung dilakukan pemeriksaan fisik maupun laboratorium sesuai dengan yang diperlukan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.