Cara Tepat Merawat Rambut Panjang


Cara Tepat Merawat Rambut Panjang
Cara Tepat Merawat Rambut Panjang

LUTIMNEWS.COM – Rambut adalah mahkota setiap orang, terutama bagi wanita. Pada umumnya wanita sangat mendamba-dambakan rambut panjang, hitam, dan lebat.

Karena rambut merupakan salah satu bagian dari kecantikan wanita yang wajib di rawat. Banyak yang orang yang beranggapan bahwa perawatan rambut panjang lebih susah dibandingkan rambut yang pendek.

 

Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara tepat merawat rambut panjang:

Cuci Rambut

 

Mencuci rambut adalah hal yang harus dilakukan secara rutin demi menjaga kebersihan rambut. Namun, hindari juga melakukan keramas setiap hari karena bisa merusak rambut. Meski terbilang mudah, tapi tidak sedikit orang yang melakukannya dengan cara yang salah.

BACA JUGA:  Tips Merawat Rambut Tebal

Cara yang benar adalah membasahkan rambut dengan air hangat terlebih dahulu. Tujuannya agar kultikula rambut terbuka sehingga mudahkan rambut untuk menyerap nutrisi pada produk shampo.

 

Conditioner

Selalu gunakan conditioner setelah berkeramas. Tujuannya agar rambut menjadi lembut, sehat, dan mempermudah Anda mengatur rambut. Oleskan conditioner secara merata pada rambut sehingga kulit kepala tidak berminyak. Setelah itu, barulah Anda membilasnya dengan air dingin.

BACA JUGA:  Cara Mudah Menggunakan Ulang Bulu Mata Palsu

Merapikan Potongan Rambut

Rambut panjang juga harus di potong. Maksudnya bukan memotong rambut hingga pendek, tapi cukup rapikan saja bagian ujung yang terlihat kusam, rapuh, dan bercabang. Tujuannya agar bisa rambut tumbuh semakin cepat dan kuat.

Pijat Kulit Kepala

Memijat kulit kepala dapat memperlancar peredaran darah. Pijatlah rambut dengan pelan-pelan saat keramas. Namun, Anda juga bisa menggunakan minyak esensial seperti minyak kelapa. Kandungan lauric acid, vitamin E dan K pada minyak kelapa bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

BACA JUGA:  Tips Alami Mencegah Keriput Di Kulit Wajah

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak kastor untuk mengatasi rambut rontok, rambut kusut, dan kerusakan rambut. Sedangkan minyak almond bermanfaat membuat rambut tumbuh kuat dan sehat.

Penataan Rambut

Anda harus menghindari penggunaan pengering rambut dan alat catok. Hal ini bisa membuat rambut kering, rapuh, dan rusak. Namun, Anda bisa menata rambut dengan menggunakan produk spray pelindung.